Minggu, 16 September 2012

Aksi untuk Negeriku

“hidup mahasiswa!!”
“hidup rakyat Indonesia!!”

Begitulah kirakira semboyan yang sering diteriakkan selama ospek di UI yang saya ikuti berlangsung. Tementemen ada yang merasakan juga mungkin? Yah walaupun tugas ospek itu ‘wow’ banget, tapi saya selalu suka bagian saat para mahasiswa baru ‘dimelekkan’ dengan keadaan negara ini. Yap, Indonesia tercinta sudah pasti!



Ada ga yang berpikir kalo Indonesia itu sehat dan baikbaik aja? Wahh mindset nya surely harus diganti tuh. Karena faktanya, Indonesia ga sedang baikbaik aja, ga sedang sehatsehat aja, apalagi senengseneng aja.. tuh bener kan? Readers ada yang mahasiswa juga kah? *kayanya sih banyak, hehe* nah trus, Indonesia yang ga baikbaik aja perlu banget sentuhan dari mahasiswa looh.. trus kita mesti ngapain nih? Lanjut aja bacanya.. J

Mahasiswa pada perananya mempunyai tiga fungsi. Yang pertama ialah sebagai “Agent of Change”, agen dari perubahan. Mahasiswa sebagai generasi muda merupakan gerakan depan dalam berbagai aksi yang dilakukan untuk membawa perubahan ke arah yang lebih baik. “Aksi memang tidak selalu membawa perubahan. Tapi tanpa adanya aksi, tidak akan ada perubahan,” itu juga yang sering dibilang sama pembicara-pembicara selama ospek. Jadi kita sebagai mahasiswa nih, perlu banget beraksi, apalagi kalo mau lihat perubahan di negeri ini. Bentuknya? Well, kayanya ga perlu terlalu ekstrem kaya demo turun ke jalan gitu juga kali yah, perlu sih, tapi pada masih maba kan? *oh itu mah saya ya? Hehe* ya sometime I just think that we can do something beneficial for society. Mengamalkan Tri Dharma perguruan tinggi mungkin? ;)

Trus yang kedua, “Moral Force”. Di sini maksudnya mahasiswa merupakan kontrol moral terhadap apa yang terjadi di masyarakat. Nah supaya bisa melaksanakan fungsi ini, tentunya mahasiswa juga mesti jadi teladan dengan punya moral yang baik dong, iya ga? Yang ketiga, “Iron Stock”. Bukan stock besi loh di sini maksudnya. Tapi mahasiswa itu penerus perjuangan, pewaris apa yang udah diperjuangkan sama para seniornya. Mahasiswa harus mampu menggantikan generasi tua dan menjadi stock yang lebih bagus lagi. Supaya perjuangan terus berlanjut, ga berhenti saat generasi dahulu sudah waktunya mundur..

Oke, begitu kirakira penjabaran singkatnya. Jadi wahai para mahasiswa penerus bangsa, udah ngapain aja nih? Udah siap kah menjadi stock yang akan meneruskan perjuangan? ;)



Kepada para mahasiswa
Yang merindukan kejayaan
Kepada rakyat yang kebingungan
Di persimpangan jalan
Kepada pewaris peradaban
Yang telah menggoreskan
Sebuah catatan kebanggan
Di lembar sejarah manusia
Wahai kalian yang rindu kemenangan
Wahai kalian yang trurun ke jalan
Demi mempersembahkan jiwa dan raga
Untuk negeri tercinta
(Totalitas Perjuangan)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar