Kamis, 22 Agustus 2013

Monsters University

Sekilas tentang Monsters, Inc.

Masih ingat dengan “Monsters, Inc.”? Monsters, Inc. merupakan sebuah film animasi dari Disney dan Pixar yang dirilis pada Oktober 2001. Film ini menceritakan tentang sebuah perusahan dengan motto “We scare because we care”, berisi monster-monster menyeramkan yang menyuplai seluruh energi untuk Monstropolis (kota monster) dengan energi teriakan anak-anak kecil dari dunia manusia. Monster-monster tersebut akan pergi ke kamar anak-anak kecil di dunia manusia melalui pintu khusus. Monster akan menakuti si anak dan diharapkan si anak tersebut akan mengeluarkan teriakan yang mengandung energi. Energi teriakan tersebut kemudian akan dikonversi menjadi energi-energi lain yang digunakan untuk memudahkan aktivitas seantero Monstropolis.


Tokoh utama dalam film ini adalah James P. Sullivan, monster besar berwarna biru dengan totol-totol ungu yang lebih dikenal sebagai ‘Sulley’. Bersama partnernya, Michael (Mike) Wazowski, monster bulat bermata satu, Sulley berhasil menjadi monster pemegang teratas ‘rekor teriakan’ di Monsters, Inc. hingga seorang anak manusia –yang diberi nama Boo oleh Sulley-, gagal ditakuti dan justru malah tertawa melihat Sulley. Boo mengikuti Sulley kembali ke monstropolis dan menimbulkan kehebohan karena monster-monster di Monstropolis percaya bahwa anak-anak manusia merupakan mahluk yang sangat beracun (-____-). Kemudian dimulailah petualangan Sulley dan Mike untuk mengembalikan Boo ke dunianya secara sembunyi-sembunyi.

Monsters University

Monsters University (MU) merupakan sebuah film yang bercerita tentang sebuah perguruan tinggi terkenal di Monstropolis. Sebagaimana universitas-universitas lainnya, di dalam MU terdapat beberapa major, seperti kelas merancang pintu yang menghubungkan Monstropolis dengan dunia manusia, atau kelas perancang tabung penyimpan energi teriakan. Dari majors tersebut, terdapat satu jurusan favorit yang tiap tahun menjadi incaran para calon mahasiswa MU, yaitu School of Scaring. Di sini, students will be educated to be a scared monster which later be incorporated by Monsters, Inc.


Mike Wazowski, sedari kecil sangat ingin menjadi salah satu scared monster sejak kunjungan sekolahnya ke Monsters, Inc. Mike akhirnya officially became a college student in MU.  There he met Sulley, who was at first became a really annoying guy for Mike karena Sulley begitu menyombongkan tampang seram yang dimilikinya yang menjadi kelemahan bagi Mike. Meski bermodal wajah seram, Sulley rupanya merupakan siswa yang malas belajar sehingga menjadikannya tidak memahami dengan baik teori-teori menakuti yang diajarkan di kelas. Dengan kedua alasan yang berbeda, Mike dan Sulley dikeluarkan dari scaring program oleh Hardscrabble, Dekan dari School of Scaring.


School of Scaring

Tiap tahunnnya, MU mengadakan sebuah kompetisi bergengsi yang membuat sang pemenang diakui sebagai monster menakutkan. Singkat cerita, Mike dan Sulley yang semula adalah rival, bergabung membentuk tim dan mengikuti turnamen menakuti tersebut. If them both did win the games, dean Hardscrabble would officially regain them into scaring program. Jadi, apakan Mike dan Sulley berhasil? Penasaran kan? Nonton lah makanya.. ;)

Tidak biasa

Well, sejujurnya saya ga nyangka akan ada film terbaru yang masih berhubungan dengan Monsters, Inc. Setelah lebih dari 10 tahun yang lalu nonton film ini untuk pertama kali, Monsters, Inc. emang kece banget. Sulley si monster biru itu istilah sekarangnya emang unyu banget dengan totol ungu dan bulunya yang keliatan halus banget bikin minta dipeluk, haha. Film-film disney berkelanjutan yang lain, seperti Ice Age dan Cars, ga memiliki rentang waktu selama itu. Yang jelas, saya pribadi bener-bener ga nyangka bahwa setelah berjarak sekian lama, muncul sebuah film baru yang masih berkaitan dengan Monsters, Inc. yang kemudian membuat saya berpikir, 'ini pasti ide untuk membuat Monster University-nya baru keluar deh' entah bener atau engga sih. Tapi, this is really unpredictable, luar biasa! 

Monsters, Inc. VS Monsters University

Kamu suka Sulley pake banget? Maka sepertinya kamu akan lebih menyukai  Monsters, Inc. dibanding MU. Kalau pada Monsters, Inc. Sulley digambarkan sebagai monster yang bijak –apalagi kalau dibandingkan sama Mike-, pekerja keras, lucu, dan jadi lembut kalau sama Boo, maka di MU karakter Sulley yang ditampilkan sangat berbeda. Sebagai siswa yang berasal dari keluarga scarer terkenal, Sulley menjadi angkuh, sok, dan keras kepala karena ketenaran yang diperolehnya effortlessly. Saya sempat kaget juga melihatnya, ‘kok Sulley gitu sih?’ haha. But still, he’s a cute big blue monster!

Atau, kamu suka Mike pake banget? nah, spertinya kamu akan lebih menyukai MU dibanding Monsters, Inc. Kalau pada Monsters, Inc. Mike terlihat sebagai seorang partner yang bawel, ceroboh, walaupun tetep imut, di MU Mike akan terlihat sangat keren sekali. Mike berhasil memasuki School of Scaring dengan semangat dan kerja kerasnya, begitupun saat dia mempertahankan eksistensinya di program itu. Mike sadar bahwa dirinya punya kekurangan besar, yaitu engga seram, jadi dia belajar sungguh-sungguh untuk menutupi kekurangannya tersebut.

Yah jadi kalau di Monsters, Inc. Sulley yang lebih menonjol, maka di MU giliran Mike. Tapi tenang aja kok, mereka berdua tetap dapat porsi ‘nongol’ yang lebih banyak dibanding monster lain, hehe.

Kehidupan Kampus

Buat saya yang seorang mahasiswa, MU itu kece banget karena bisa menggambarkan kehidupan kampus di dunia monster begitu natural seperti yang sering terjadi di dunia manusia. Di MU juga ada geng-geng yang secara kasat mata mengelompokkan pelajar di sana, seperi ROR (Roar Omega Roar) yang cuma berisi monster-monster terseram, tangguh, dan pintar dari School of Scaring. Atau ada juga OK (Oozma Kappa) yang berisi monster-monster yang terlihat unyu dan konyol. OK ini kemudian akan menjadi grup tempat Mike dan Sulley bergabung untuk berkompetisi dalam scaring game dengan ROR.

OK sedang latihan

here is the most famous gank in campus, ROR!

Dengan menonton ini, semangat saya tentang kampus jadi semakin menggebu-gebu loh! Mungkin ayah dan ibu kita kalau lihat ini akan mersa muda kembali #eh hehehe.


Over all, Monster University ini recommended banget deh untuk ditonton. Mau sama siapa aja oke kok, ajak semua tuh adik, kakak, orang tua, temen, keluarga besar, semua lah pokoknya. Banyak adegan lucu yang bisa mengocok perut, tapi tetep adegan seru yang bisa bikin penonton menahan napas juga ada. Film ini bikin seger, semangat, dan bikin sadar kalau sendiri itu ga ada apa-apanya, mending saling melengkapi kaya Sulley dengan wajah seramnya dan Mike dengan otaknya. ;)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar