Selasa, 25 Juni 2013

Taman Nasional Gunung Merapi

9 Maret 2013 lalu, saya mendapat kesempatan untuk berkunjung ke Taman Nasional Gunung Merapi (TNGM) yang –secara geografis- terletak di Provinsi D.I. Yogyakarta dan Jawa Tengah dalam rangka studi banding OMPT Canopy UI dengan BiOSC (Biology Orchid Study Club) UGM. Ini merupakan pengalaman kedua saya mengunjungi dan ‘bermain-main’ ke taman nasional, setelah bulan Januari sebelumnya berhasil mengunjungi Taman Nasional Gunung Halimun-Salak (TNGHS). Seru banget lah! :D

Gunung Merapi dikatakan mempunyai siklus erupsi empat tahun-an. Erupsi terakhir gunung tersebut –kalo ga salah, kata mentor saya waktu itu, hehe- ialah pada tahun 2009. Erupsi yang terjadi di gunung tersebut mengakibatkan tutupan vegetasinya tidak selebat yang dimiliki Gunung Halimun yang masih terbilang hutan primer. Track yang tersedia juga tidak terlalu terjal dan sulit karena merupakan tanah bekas erupsi. Saat saya berkunjung ke sana, kurang-lebih empat tahun setelah erupsi, kondisi bekas erupsinya sudah tidak terlalu terlihat. Waktu itu juga ga sempat naik sampai ke puncak karena sudah sore. Padahal, -katanya- di puncak Merapi sana sisa-sisa erupsi masih jelas terlihat, entah seperti apa.

Di Gunung Merapi, pada vegetasinya yang masih renggang sekali, ternyata tumbuh berbagai macam anggrek (yang namanya aja susah-susah banget -__-). Malah ga keliatan itu anggrek deh bagi orang awam seperti saya ini. Dan karena waktu itu lagi ga konek, penjelasan mentornya ga ada yang masih saya inget coba. Bahkan nama spesiesnya aja ga ada yang inget sama sekali, hahaha *tertawa miris*. Anggrek yang umum beredar di masyarakat ialah anggrek yang berbentuk bunga sejati yang jelas dan mudah dikenali, seperti anggrek bulan. Sementara anggrek-anggrek yang saya temukan di Gunung Merapi sangat berbeda dengan anggrek yang sudah saya tahu selama ini. tapi tetep sih epifit juga. Kemudian tiga foto di bawah ini adalah anggrek. Apakah anda mengenalinya sebagai anggrek? Karena saya -pada awalnya- tidak, haha.. --a




Intinya, berkunjung ke taman nasional tuh seru banget! Saya baru mengunjungi dua taman nasional, dan masih banyak lagi taman nasional yang tersebar di penjuru negeri. Semoga ada kesempatan untuk bisa melihat langsung beberapa taman nasional lagi, amin. Keliling Indonesia ternyata emang seru banget yah.. J

2012
Canopy UI & BiOSC UGM

Tidak ada komentar:

Posting Komentar