Sabtu, 29 Desember 2012

(Bukan) Akhir Perjuangan


ditelpon oleh nomer yang ga dikenal saat orang-orang sedang sholat Jumat itu… (141212, 12:10)”

Setengah tahun yang lalu, 15 Juni 2012, saya mengirimkan formulir pendaftaran beasiswa Monbukagakusho (beasiswa dari pemerintah Jepang) ke kantor kedutaan besar Jepang di Jakarta. Hari itu merupakan hari terakhir penyerahan formulirnya. Pun formulirnya baru diisi, ditulis tangan pula, malam sebelumnya. Karena satu dan lain hal, sempat berpikir untuk ga jadi daftar aja. Tapi akhirnya terlaksana juga atas bantuan dari berbagai pihak, terima kasih.. ^^

Hampir sebulan setelahnya, 07 Juli 2012, diumumkan nama-nama yang lolos seleksi berkas dan berhak untuk mengikuti ujian tulis. Alhamdulillah! Nama saya ada di sana. Diberitahukan juga bahwa tes tulis akan dilaksanakan pada tanggal 16 Juli 2012. Oke sip, langsung belajar ini mah! Dan dimulailah seminggu penuh belajar saya lakukan, di tengah libur kelulusan. Rasanya agak ga yakin juga untuk ikut tes tulis dengan waktu belajar seminggu. Tapi Bismillah, insya Allah bisa.

Akhirnya setelah mengepang tekad, saya berjuang! Hehe. Dimulai dengan mencetak (ngeprint) soal-soal tes tulis Monbukagakusho tahun-tahun sebelumnya dan mengumpulkan kepingan-kepingan (oke ini agak lebay) materi-materi A Level yang dulu digunakan saat menghadapi tes masuk NTU. Hmm sebenernya agak merasa keren juga sih, dalam seminggu melahap materi matematika, kimia, dan biologi sebanyak itu. Hehe. Yah namanya juga usaha.

Akhirnya tibalah tanggal mainnya. Pada hari senin, 16 Juli 2012, dilaksanakanlah tes tulis untuk program S1 di Pusat Studi Jepang, Universitas Indonesia. Panik sekali hari itu rasanya. Ditambah lagi AC ruangan yang terasa sangat dingin. Oke, mungkin emang karena cemas aja kali ya. Tes dimulai dengan Bahasa Inggris, Matematika, Kimia, dan diakhiri dengan Biologi. Gimana soalnya? Yah mantep banget dah pokoknya! Tapi ya Alhamdulillah, hehe. Selesai tes, semuanya dipasrahkan aja sama Allah sambil berdoa, udah berusaha.. J

Tanggal 6 Agustus 2012 (kalo ga salah) saat sedang mengerjakan tugas OSPEK di rumah teman, ada nomer ga dikenal yang menghubungi. Alhamdulillah, ternyata itu panitia pelaksana dari Kedutaan Besar Jepang di Indonesia, memberitahubahwa saya lolos seleksi tertulis. Yeaaay, alangkah senang waktu itu rasanya! Saya ingat, Ibu yang menelepon itu ialah orang yang sama yang mengawas dan memberikan soal sewaktu tes tertulis. Beliau juga memberitahu bahwa tes wawancara akan dilakukan hari Selasa, 13 Juli 2012 di Kedutaan Besar Jepang di Jakarta dan harus membawa beberapa dokumen kelengkapan seperti pas foto, fotokopi rapot yang sudah diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris, hasil tes kesehatan, dan beberapa dokumen lainnya.

Setelah menyiapkan semua berkas yang diminta, berangkatlah saya pada hari selasa tersebut menuju Kedutaan Besar Jepang diantar adik naik motor (oke, seperti ada yang salah yah -.-). Sebelum interview, ada tes bahasa jepang gitu yang beneran, asli bikin kaget banget banget! Tapi kata panitianya ga berpengaruh sama penilaian sih, Cuma untuk mengetahui bisa bahasa jepang atau engga. Question sheet itu full bahasa jepang, cuma ada sedikit bahasa inggris sebagai judul. Dan berhubung belom punya skill bahasa jepang sama sekali, ya dinamain doang deh question sheetnya sama saya. Fufufu..

Saat itu juga, panitia beasiswa dari Kedutaan Besar Jepang di Indonesia mengklarifikasi bahwa belum tentu para peserta yang lolos tes tertulis dan dipanggil wawancara pasti berangkat ke Jepang. Namun panitia berharap sebanyak mungkin peserta dari Indonesia dapat lolos walaupun akan sulit karena berkas-berkas dan hasli tes akan diperbandingkan langsung dengan peserta-peserta dari negara lain.

Setelah nunggu agak lumayan lama karena nama saya di nomer urut agak belakang (urut abjad waktu itu), akhirnya tibalah giliran saya diinterview, jreng jreng! Interviewnya pake bahasa Indonesia sih, Alhamdulillah banget yah.. Waktu itu yang mewawancara ada tiga orang, satu Ibu dan dua Bapak. Salah satu dari dua Bapak ini ga bisa bahasa Indonesia sama sekali loh, jadilah beliau didampingi seorang penerjemah yang mengubah setiap ucapan saya menjadi bahasa jepang. Ckckck.. Bapak dari Jepang asli ini kebanyakan hanya mendengarkan saya menjawab pertanyaan-pertanyaan yang dilontarkan dua pewawancara yang lain sambil nulis ini-itu di notesnya. Mungkin karena bingung juga kali yah.

Ada suatu ketika, saya lupa persisnya gimana, saat saya bilang sesuatu yang ada yukata dan diterjemahkan ke dalam bahasa Jepang, si Bapak Jepang itu spontan bertanya sesuatu yang tentu aja saya ga ngerti. Tumben loh si Bapak ini ngomong langsung ke saya, sepertinya lupa saya ga ngerti. Habis diterjemahin ternyata gini, “kamu belom pernah pake yukata?” ya saya manggut-manggut aja deh sambil cengir-cengir, hehe. Trus dijawab gini, “ya, ya, nanti di sana coba pake yukata ya.” Hehe, makin lebar dong saya ngengirnya. Seperti ada angin segar yang berhembus. Yah begitu saja lah wawancaranya. Tinggal menunggu pengumuman akhir diterima atau tidaknya beasiswa yang saya ajukan. Panitia bilang mungkin Desember baru diumumkan.

Hingga akhirnya pada hari Jumat lalu, 14 Desember 2012, pengumuman itu datang. Ibu yang sama yang meneleponku dahulu kembali menelepon. Sayang, yang datang bukan kabar bagus. Ternyata saya belum mendapatkan beasiswa untuk melanjutkan studi ke Jepang. Kecewa memang, sedih juga ada. Bangkit lagi itu sulit. Beruntungnya masih banyak semangat yang datang meyakinkan kalau itu memang yang terbaik.

email pemberitahuan

Cerita punya cerita, dari baberapa pengalaman mengikuti tes sulit semacam ini, baru kali ini saya serius dan dengan sungguh-sungguh berjuang. Waktu tes NTU, belum paham benar saya dengan materi-materi baru yang serasa berjejalan di kepala. Tesnya yang -teman-teman bilang- tidak terlalu sulit itu pun jadi terasa menyeramkan. Saat tes ILA, belum terbayang benar dalam benak untuk mengunjungi negeri sakura, jadi tidak matang persiapannya. Kalau tes monbukagakusho ini boleh dihitung yang ‘pertama’, tak mengapalah saya gagal. Di sini jadi dapat pelajaran tentu saja.

Begitulah, cerita perjuangan mengejar beasiswa Monbukagakusho program S1 tahun keberangkatan 2013 memang sudah berakhir. Tapi ini bukan akhir. Masih banyak perjuangan yang harus dilalui ke depannya. Banyak jalan menuju Roma, pasti banyak jalan juga menuju Jepang. Kalu ini belum waktunya, akan ada waktu-waktu lain yang lebih baik. Yang penting, tetap berjuang!

4 komentar:

  1. He he he, ini bukan akhir nay. Semangaaaaaaaat

    BalasHapus
    Balasan
    1. banget ya, anisah apalagi! banyak jalan masih insya Allah :)

      Hapus
  2. hai saya mau tanya nih waktu itu les A-level di ignatius? hehehe
    materinya monbu mirip A-level?
    kalau belajar dari snmptn gitu cukup gak?
    inggrisnya susah ga?
    oh iya mau tanya juga yang ILA, waktu itu tesnya pake bahasa inggris/gak?
    matematika, kimia, fisnya susah?
    terimakasih ya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah maaf baru dibalas, baru lihat euy :)
      engga, saya cuma ikut tes dengan materi A-level sewaktu ikut entrance examination-nya NTU aja. kalau tes monbu materinya sedikit lebih ringan dari A level. hmm kebetulan saya gak ikut tes tertulis snmptn waktu itu, jadi kurang tau soalnya seperti apa, maaf ya. kalau untuk te ILA masih menggunakan bahasa indonesia kok untuk seluruh mata pelajaran. masalah susah, ya lumayan, bisa kalau belajar :D

      Hapus