Selasa, 29 Januari 2013

Pelican 2013

17-20 Januari 2013 yang lalu, saya berkesempatan untuk mengunjungi Taman Nasional Gunung Halimun Salak (TNHGS) yang terletak di kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Saya bersama dengan temen-teman dari Biologi UI yang lain jauh-jauh ke sana untuk mengikuti acara Pelican (Pelatihan dan Pendidikan Canopy) 2013 yang merupakan acara tahunan yang bisa dibilang sebagai pra-syarat untuk bergabung dalam Organisasi Mahasiswa Pecinta Tumbuhan (OMPT) Canopy di departemen Biologi Universitas Indonesia.

deskripsi TNGHS

di atas truk
Perjalanan menuju TNGHS kurang lebih memakan waktu hampir 7 jam, bergantung kondisi jalan. 2-3 jam pertama dapat ditempuh menggunakan bus biasa. Sisa perjalanan dilanjutkan dengan menggunakan truk pengangkut. Buat saya sendiri, pengalaman naik truk ini ialah pengalaman yang… wow! Bagaimana engga, dengan jalan berbatu yang naik-turun berliku, apa lagi sambil berdiri, menjadikan sepanjang perjalanan truk penuh dengan goncangan. Tapi pemandangan yang indah rasa-rasanya bisa membuat lupa seketika bahwa masih harus tetap fokus menjaga pijakan agar tidak sampai oleng. Akibatnya, wow, satu dua berjatuhan juga. Tapi seru sekali..

tempat homestay
Acara Pelican sendiri ditekankan pada pengenalan tumbuhan, melalui identifikasi yang dilakukan saat dan setelah pengamatan lapangan. Wow! Singkat cerita, pengalaman ini seru banget! Dan naik gunung itu benar-benar membuat ketagihan, addicted! J





Canopers from Biodive12sity


Tidak ada komentar:

Posting Komentar